Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah sistem operasi, saya memutuskan untuk bikin blog ugm. Inilah post pertama saya.

Kenapa saya ambil mata kuliah sistem operasi? Karena sampai saat ini saya penasaran sama barang yang satu ini. Apakah definisi sebenarnya dari sistem operasi. Jika Windows 7 atau Linux Arch yg terinstall di laptop saya bisa disebut sistem operasi, apakah program yg mengisi AVR ATMega32 pada robot line follower juga bisa disebut sistem operasi?

Sistem operasi pertama yg saya gunakan adalah Windows 3.1 yg terinstall di komputer kantor bapak saya. Waktu itu tahun 1994, saya masih duduk di Taman Kanak-Kanak, dan yg saya ketahui tentang komputer hanyalah game Prince of Persia dan Demonstar. Saya sama sekali tidak tahu apa sistem operasi apa yg ada pada komputer itu. Baru ketika saya kenal wikipedia dan tanpa sengaja membuka halaman tentang Microsoft Windows, ada screenshoot yg mengingatkan saya pada 16 tahun yg lalu.

Lalu ketika SMP, ketika komputer pertama hadir di rumah kami, Windows 98 yg terpasang. Sistem operasi ini cukup alam digunakan keluarga kami, baru ketika saya masuk kuliah, saya baru menginstall ulangnya dengan Windows XP.

Di bangku SMA, saya akhirnya berkenalan dengan benda yg bernama Linux. Linux pertama saya adalah Cygwin. Sebenarnya ini bukan sistem operasi, namun hanya semacam emulator untuk program linux agar bisa berjalan di Windows. Linux yg sebenarnya mulai terinstall di komputer semenjak kehadiran Ubuntu 8.04, dan Backtrack 2.0 yg juga berada di flashdisk saya. Dan mulai saat itu pun bermacam2 distro yg saya cicipi, mulai dari OpenSuse, Slax, Slackware, dan ArchLinux.